Jasa merupakan salah satu dari bagian
manajemen pemasaran, Karena menurut saya jasa adalah bentuk dari bagaimana kita
melayani konsumen, memuaskan pelanggan dan dapat meningkat mutu perusahaan di
mata pelanggan yang tidak berbentuk dan berwujud.
Menurut Lupiyoadi jasa adalah:
“A service is an activity or series of
activities of more or less intangible nature that normally, hut not
necessarile, take place in interactions between the customer and service
employees and/or physical resources or good ard/or system of the service
provider, which are provided as solutions to customer problems.”(Gronroos, 1
990)
Tidak jauh berbeda dengan definisi diatas, Kotler(1991: 260)mendefinisikan jasa sebagai: “Setiap tindakan atau kegiatan yang ditawarkan suatu pihak kepada yang lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.”
Sementara itu, produksi jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak. Jadi pada dasarnya jasa merupakan semua aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau kontruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah (seperti misalnya kenyamanan, hiburan, kesenangan, atau kesehatan) atau pemecahan atas masalah yang dihadapi konsumen.
Karaktenstik Jasa
Beberapa karakteristik utama dari jasa, menurut Kotler(1 993:230), adalah sebagai berikut:
1. Intangibility (Tidak berwujud)
Jasa mempunyai sifat tidak berwujud karma
tidak bisa dindentifikasi oleh ke lima indera manusia, seperti: dilihat,
dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses transaksi
pembelian.
2. Inseparability (Tidak dapat dipisahkan)
2. Inseparability (Tidak dapat dipisahkan)
Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya,
apakah sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu
hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada.
3. Variability (Berubah-ubah)
3. Variability (Berubah-ubah)
Jasa dapat mudah berubah-ubah karena jasa ini
tergantung pada siapa yang menyajikan, kapan, dan dimana disajikan.
4. Perishability (Daya tahan)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak memiliki
daya than yang lama karena sifatnya tergantung dari fluktuasi pennintaan.
Macam-macam jasa
Menurut Converse (1992:233), macam-macam jasa seperti yang telah disebutkan diatas, dapat dikelompokkan sebagai berikut:
I. Personalized services
Personal services adalah jasa yang sangat
mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya, seperti tukang cukur, salon
kecantikan, laundry, foto. Sementara itu, yang sangat perlu diperhatikan dalam
pemasaran jasa antara lain adalah, lokasi yang baik, menyediakan fasilitas dan
suasana yang menarik, serta nama baik yang bersangkutan. Dalam marketing
personal services diusahakan supaya timbul semacam patronage motive yaitu
keinginan untuk menjadi langganan tetap. Contohnya patronage ini bisa timbul di
dalam usaha laundries, karena kebersihan, layanan yang ramah tamah serta baik,
dan sebagainya. 2. Financial services
Financial services terdiri dari:
a) Banking services (Bank).
b) Insurance services (Asuransi).
c) Investment securities (Lembaga penanaman
modal).
d) Public utility and Transportation services.
Perusahaan public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari: Domestic consumer (konsumen lokal), Commercial and office (perkantoran dan perdagangan), Municipalities (kota praja, pemda).
Sedangkan dalam transportation services, meliputi: angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.
3. Entertainment
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah
usaha-usaha dibidang olahraga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan, dan
usaha-usaha hiburan lainnya. Metode marketing yang dipakai adalah sistem
penyaluran langsung dimana karcis dijual di loket-loket.
4. Hotel services
0 komentar:
Posting Komentar