Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra


Rabu, 09 Januari 2013

Peroganisasian pasar


Terdapat empat tahap dalam program pengembangan masyarakat dengan pendekatan kesuma, yaitu social mapping (pemetaan sosial dan needs assesment),  microfinance sebagai entry point, pengembangan dan Mobilisasi sumberdaya (community Management), serta Institutional Building(pengembangan, penguatan dan jaringan institusi)
  1. Social Mapping
Langakah awal sebelum social mapping adalah trust, dimana para peneliti Kesuma memperoleh kepercayaan dari masyarakat yang akan dibina. Pendataan dalam social Mapping meliputi data sosial ekonomi, dan data institusi formal dan informal. Data penunjang berupa needs assesment.
Geografi, meliputi:
  1. luas wilayah
  2. batas-batas
  3. wilayah administratif
  4. penggunaan tanah
  5. topografi
Demografi, meliputi:
  1. jumlah penduduk
  2. usia dan jenis kelamin
  3. kepadatan
  4. mutasi penduduk
  5. mata pencaharian
  6. pendidikan
Sosial Ekonomi, meliputi:
  1. pendapatan
  2. kepercayaan
  3. adat istiadat
Institusi Formal dan Informal, meliputi:
  1. kelompok tradisional
  2. organisasi bentukan masyarakat
  3. institusi dari luar
Needs assessment, meliputi:
  1. masalah sosial
  2. kebutuhan dan pelayanan
  3. potensi dan sumberdaya masyarakat
Metode Pengumpulan Data, meliputi:
  1. Community Involvement (CI)
  2. Focus Group Discussion (FGD)
  3. Participant aspiration appraisal (PAA)

0 komentar:

Posting Komentar