Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra


Kamis, 10 Oktober 2013

Definisi System Administrator dan Network Administrator




Seorang administrator sistem, administrator sistem, atau sysadmin, adalah seseorang yang dipekerjakan untuk memelihara dan mengoperasikan sistem komputer dan / atau jaringan. Sistem administrator mungkin menjadi anggota dari departemen teknologi informasi.

Tugas-tugas seorang administrator sistem yang luas, dan sangat bervariasi dari satu organisasi ke yang lain. Sysadmin biasanya diisi dengan menginstal, mendukung, dan memelihara server atau sistem komputer lain, dan perencanaan untuk dan menanggapi pemadaman layanan dan masalah lainnya. Tugas lain mungkin termasuk scripting atau pemrograman ringan, manajemen proyek untuk sistem-proyek terkait, mengawasi atau pelatihan operator komputer, dan menjadi konsultan untuk masalah komputer di luar pengetahuan staf dukungan teknis. Sebuah System Administrator harus menunjukkan campuran keterampilan teknis dan tanggung jawab.
* 1 Keterampilan
* 2 Terkait bidang
* 3 Pelatihan
* 4 Tugas seorang administrator sistem
* 5 System Administrator Privileges
* 6 Lihat juga
* 7 Referensi
* 8 Pranala luar
o 8.1 Sertifikasi Organisasi
o 8.2 Periodicals
o 8,3 Konferensi
o 8,4 Buku
o 8,5 Sumber Online
o Serikat Technology 8.6 dan link terkait
o 8,7 Artikel
Keterampilan
Subyek sistem administrasi meliputi sistem komputer dan cara orang menggunakannya dalam sebuah organisasi. Hal ini memerlukan pengetahuan tentang sistem operasi dan aplikasi, serta pemecahan masalah hardware dan software, tetapi juga pengetahuan tentang tujuan yang orang dalam organisasi menggunakan komputer.
Namun, mungkin keterampilan yang paling penting untuk administrator sistem pemecahan masalah – sering di bawah berbagai macam kendala dan stres. Sysadmin adalah panggilan ketika sistem komputer turun atau kerusakan, dan harus dapat dengan cepat dan benar mendiagnosa apa yang salah dan bagaimana cara terbaik untuk memperbaikinya.
Administrator sistem tidak insinyur perangkat lunak atau pengembang. Hal ini tidak biasanya dalam tugas mereka untuk merancang atau menulis software aplikasi baru. Namun, sysadmin harus memahami perilaku perangkat lunak dalam rangka untuk menyebarkan dan untuk memecahkan masalah, dan umumnya tahu beberapa bahasa pemrograman yang digunakan untuk scripting atau otomatisasi tugas-tugas rutin.
Terutama ketika berhadapan dengan sistem internet-menghadap atau bisnis-kritis, sysadmin harus memiliki pemahaman yang kuat tentang keamanan komputer. Ini termasuk tidak hanya menyebarkan patch software, tetapi juga mencegah pembobolan dan masalah keamanan lainnya dengan langkah-langkah pencegahan. Dalam beberapa organisasi, administrasi keamanan komputer adalah peran yang terpisah bertanggung jawab atas keamanan secara keseluruhan dan pemeliharaan firewall dan sistem deteksi intrusi, tetapi semua sysadmins umumnya bertanggung jawab atas keamanan sistem dalam menjaga mereka.
Terkait bidang
Banyak organisasi staf pekerjaan lain yang berhubungan dengan administrasi sistem. Dalam sebuah perusahaan besar, mereka mungkin ada posisi yang terpisah dalam dukungan komputer atau Information Services (IS) departemen. Dalam kelompok kecil mereka dapat dibagi bersama oleh beberapa sysadmins, atau bahkan satu orang.
* Sebuah database administrator (DBA) memelihara sebuah sistem database, dan bertanggung jawab atas integritas data dan efisiensi dan kinerja sistem.
* Seorang administrator jaringan memelihara infrastruktur jaringan seperti switch dan router, dan masalah diagnosa dengan ini atau dengan perilaku Network Attached komputer.
* Seorang administrator keamanan adalah spesialis dalam keamanan komputer dan jaringan, termasuk administrasi perangkat keamanan seperti firewall, serta konsultasi tentang langkah-langkah keamanan umum.
* Seorang administrator web mempertahankan layanan web server (seperti IIS atau Apache) yang memungkinkan untuk akses internal atau eksternal ke situs web. Tugas termasuk mengelola beberapa situs, mengelola keamanan, dan mengkonfigurasi komponen yang diperlukan dan perangkat lunak. Tanggung jawab juga termasuk perangkat lunak manajemen perubahan.
* Staf Dukungan teknis menanggapi kesulitan pengguna individu dengan sistem komputer, memberikan instruksi dan kadang-kadang pelatihan, dan mendiagnosa dan memecahkan masalah-masalah umum.
* Sebuah operator komputer melakukan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan, seperti mengubah backup tape atau mengganti drive gagal dalam sebuah array RAID. Tugas-tugas seperti biasanya membutuhkan kehadiran fisik di ruangan dengan komputer, dan sementara kurang terampil dari tugas sysadmin memerlukan tingkat yang sama kepercayaan, karena operator memiliki akses ke data yang mungkin sensitif.
Dalam beberapa organisasi, seseorang mungkin mulai sebagai anggota staf dukungan teknis atau operator komputer, kemudian mendapatkan pengalaman pada pekerjaan yang akan dipromosikan ke posisi sysadmin.
Latihan
Tidak seperti banyak profesi lain, tidak ada jalan tunggal untuk menjadi administrator sistem. Banyak administrator sistem memiliki gelar dalam bidang terkait: ilmu komputer, teknologi informasi, teknik komputer, sistem informasi manajemen, atau bahkan program sekolah perdagangan. Sekolah lain memiliki cabang dari program Ilmu Komputer mereka khusus untuk administrasi sistem.
Beberapa sekolah telah mulai menawarkan gelar sarjana di bidang Administrasi Sistem. Yang pertama, RIT [1] dimulai pada tahun 1992. Lainnya seperti Rensselaer Polytechnic Institute, Marist College, dan Drexel University telah baru-baru ini menawarkan gelar dalam Teknologi Informasi.
Seperti tahun 2008, hanya empat universitas AS, Rochester Institute of Technology [2], New York City College of Technology, Tufts, dan Michigan Tech memiliki program pascasarjana dalam administrasi sistem. [Rujukan?] Di Norwegia, ada khusus Inggris-mengajar MSc program yang diselenggarakan oleh Oslo University College [3] bekerjasama dengan Universitas Oslo, bernama “Program Magister Administrasi Jaringan dan Sistem.” Universitas Amsterdam (UVA) menawarkan program serupa [1], bekerja sama dengan van Amsterdam Hogeschool (HVA). Namun, sekolah-sekolah lain yang menawarkan gelar sarjana di bidang terkait seperti sistem jaringan dan keamanan komputer.
Salah satu kesulitan utama dengan administrasi pengajaran sistem sebagai suatu disiplin universitas formal, adalah bahwa perubahan industri dan teknologi jauh lebih cepat daripada buku khas dan proses sertifikasi kursus. Pada saat buku teks baru telah bertahun-tahun bekerja melalui persetujuan dan komite, teknologi spesifik yang ada tertulis mungkin telah berubah secara signifikan atau sekarang usang.
Selain itu, karena sifat praktis sistem administrasi dan ketersediaan mudah open-source perangkat lunak server, banyak sistem administrator memasuki lapangan otodidak.
Umumnya, seorang administrator calon akan diminta untuk memiliki beberapa pengalaman dengan sistem komputer ia diharapkan untuk mengelola. Dalam beberapa kasus, calon diharapkan memiliki sertifikasi industri seperti Microsoft MCSA, MCSE, Red Hat RHCE, Novell CNA, CNE, Cisco CCNA atau yang CompTIA A + + atau Jaringan, Sun Bersertifikat SCNA, antara lain.
Kadang-kadang, hampir secara eksklusif di situs yang lebih kecil, peran administrator sistem dapat diberikan kepada pengguna yang terampil di samping atau di penggantian nya atau tugasnya. Sebagai contoh, tidak jarang untuk matematika atau guru komputasi untuk melayani sebagai administrator sistem dari sebuah sekolah menengah.
Tugas seorang administrator sistem
Sebuah tanggung jawab administrator sistem mungkin mencakup:
* Menganalisis log sistem dan mengidentifikasi potensi masalah dengan sistem komputer.
* Memperkenalkan dan mengintegrasikan teknologi baru ke dalam lingkungan data center yang ada.
* Melakukan audit rutin sistem dan perangkat lunak.
* Melakukan backup.
* Menerapkan pembaruan sistem operasi, patch, dan perubahan konfigurasi.
* Instalasi dan konfigurasi hardware baru dan software.
* Menambah, menghapus, atau memperbarui informasi account pengguna, reset password, dll
* Menjawab pertanyaan teknis.
* Tanggung jawab untuk keamanan.
* Tanggung jawab untuk mendokumentasikan konfigurasi sistem.
* Mengatasi masalah masalah yang dilaporkan.
* Sistem tuning kinerja.
* Mengasuransikan bahwa infrastruktur jaringan dan berjalan.
Dalam organisasi yang lebih besar, beberapa tugas yang tercantum di atas dapat dibagi di antara administrator sistem yang berbeda atau anggota dari kelompok organisasi yang berbeda. Misalnya, individu yang berdedikasi (s) dapat menerapkan semua upgrade sistem, Quality Assurance (QA) tim dapat melakukan pengujian dan validasi, dan satu atau lebih penulis teknis mungkin bertanggung jawab untuk semua dokumentasi teknis ditulis untuk sebuah perusahaan.
Dalam organisasi yang lebih kecil, administrator sistem juga dapat melakukan sejumlah tugas lain yang berhubungan dengan bidang lain:
* Dukungan teknis
* Database administrator (DBA)
* Jaringan administrator / analis / spesialis
* Aplikasi analis
* Keamanan administrator
* Programmer
Administrator sistem, dalam organisasi yang lebih besar, cenderung tidak sistem arsitek, insinyur sistem, atau desainer sistem. Namun, seperti banyak peran dalam bidang ini, demarkasi antara sistem administrasi dan peran teknis lainnya seringkali tidak didefinisikan dengan baik dalam organisasi yang lebih kecil. Bahkan dalam organisasi yang lebih besar, administrator sistem senior sering memiliki keterampilan di bidang lain sebagai hasil dari pengalaman mereka bekerja.
Dalam organisasi yang lebih kecil, IT / komputasi spesialisasi kurang sering dilihat dalam detail, dan administrator sistem istilah digunakan dalam cara yang agak generik – mereka adalah orang-orang yang tahu bagaimana kerja sistem komputer dan dapat merespon ketika sesuatu gagal.
Administrator jaringan adalah profesi modern yang bertanggung jawab atas pemeliharaan perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang terdiri dari suatu jaringan komputer. Ini biasanya mencakup penyebaran, konfigurasi, pemeliharaan dan pemantauan peralatan jaringan aktif. Peran yang terkait adalah bahwa dari spesialis jaringan, atau analis jaringan, yang berkonsentrasi pada desain jaringan dan keamanan.
Administrator Jaringan biasanya merupakan tingkat tertinggi teknis / staf jaringan dalam sebuah organisasi dan akan jarang terlibat dengan dukungan pemakai langsung. Administrator Jaringan akan berkonsentrasi pada kesehatan secara keseluruhan jaringan, server penyebaran, keamanan, memastikan konektivitas jaringan di seluruh LAN / WAN infrastruktur perusahaan, dan semua pertimbangan teknis lainnya pada tingkat jaringan hirarki organisasi teknis. Administrator jaringan dianggap Tingkat 3 dukungan personel yang hanya bekerja pada istirahat / memperbaiki masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan di Tier1 (helpdesk) atau Tier 2 (desktop / teknisi jaringan) tingkat.
Tergantung pada perusahaan, Network Administrator juga dapat merancang dan menggunakan jaringan. Namun, tugas ini mungkin ditugaskan ke Network Engineer harus satu tersedia bagi perusahaan.
Peran sebenarnya Administrator Jaringan akan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tapi umumnya akan meliputi kegiatan dan tugas-tugas seperti alamat jaringan tugas, tugas dari protokol routing dan konfigurasi routing table serta konfigurasi otentikasi dan otorisasi – layanan direktori. Ini sering mencakup pemeliharaan fasilitas jaringan di mesin individu, seperti driver dan pengaturan dari komputer pribadi serta printer dan semacamnya. Kadang-kadang juga mencakup pemeliharaan jaringan tertentu server: file server, VPN gateway, sistem deteksi intrusi, dll
Jaringan spesialis dan analis berkonsentrasi pada desain jaringan dan keamanan, khususnya masalah dan / atau debugging terkait jaringan masalah. Pekerjaan mereka juga dapat mencakup pemeliharaan otorisasi infrastruktur jaringan, serta sistem jaringan cadangan.
Administrator bertanggung jawab untuk keamanan jaringan dan untuk menetapkan alamat IP ke perangkat yang terhubung ke jaringan. Menetapkan alamat IP memberikan administrator subnet kontrol atas profesional yang terhubung ke subnet. Hal ini juga membantu untuk memastikan bahwa administrator mengetahui setiap sistem yang terhubung dan yang secara pribadi bertanggung jawab untuk sistem.

0 komentar:

Posting Komentar