Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Kamis, 10 Oktober 2013

Perencanaan\Planning




     Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

1.      Perencanaan kota berhadapan dengan lingkungan binaan dari perspektif munisipal dan metropolitan. Profesi lainnya yang berhadapan dengan detail yang lebih kecil, disebut arsitektur dandesain urban. Perencanaan wilayah berhadapan dengan lingkungan yang masih lumayan besar, pada tingkatan yang kutang mendetail. Orang Mesir Hippodamus sering dianggap sebagai Bapak Perencanaan Kota, untuk desainnya Miletus, meskipun contoh kota terencana "permeate antiquity". Muslim diperkirakan merupakan asal ide penzonaan resmi (lihat haram dan hima dan lebih umum khalifa), atau stewardship di mana mereka timbul), meskipun penggunaan modern di Barat berawal dari ide Congres Internationaux d'Architecture Moderne.Perencanaan kota termasuk pengorganisasian, atau memengaruhi, distribusi penggunaan tanah dalam wilayah yang telah dibuat atau dimaksudkan untuk dibuat.

2.      Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnyaenterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahanmanufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

3.      Perencanaan transportasi adalah suatu perencanaan kebutuhan prasarana transportasi seperti jalanterminalpelabuhan, pengaturan serta sarana untuk mendukung sistem transportasi yang efisien, aman dan lancar serta berwawasan lingkungan.

4.      Perencanaan operasional adalah perencanaan yang memusatkan perhatiannya pada operasi sekarang (jangka pendek) dan terutama berkenaan dengan tujuan mencapai efisiensi.Dalam melakukan perencanaan operasional maka diperlukan langkah-langkah tertentu. Langkah-langkah tersebut merupakan prosedur yang harus diikuti dalam setiap melakukan perencanaan, sebab tanpa prosedur tersebut maka kurang sempurna perencanaan tersebut.

5.      Perencanaan tata ruang (bahasa Inggrisspatial planning) merupakan metode-metode yang digunakan oleh sektor publik untuk mengatur penyebaran penduduk dan aktivitas dalam ruang yang skalanya bervariasi. Perencanaan tata ruang terdiri dari semua tingkat penatagunaan tanah, termasuk perencanaan kotaperencanaan regionalperencanaan lingkungan, rencana tata ruang nasional, sampai tingkat internasional seperti Uni Eropa.


6.      Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasukmodal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory). diartikan sebagai konfigurasi tentang hasil yang diharapkantercapai pada masa depan. Bentuk konfigurasi terungkap berdasarkan:
·         Ruang lingkup
·         Hasil persaingan
·         Target
·         Penataan sumber-sumber

7.      perencanaan kelangsungan bisnis (Bahasa Inggrisbusiness continuity planning, BCP) diciptakan untuk mencegah gangguan terhadap aktivitas bisnis normal. BCP dirancang untuk melindungi proses bisnis yang kritis dari kegagalan/bencana alam atau yang dibuat manusia dan akibatnya hilangnya modal dalam kaitannya dengan ketidaktersediaan untuk proses bisnis secara normal. BCP merupakan suatu strategi untuk memperkecil efek gangguan dan untuk memungkinkan proses bisnis terus berlangsung.
8.      Perencanaan pendidikan adalah suatu proses intelektual yang berkesinambungan dalam menganalisis, merumuskan, dan menimbang serta memutuskan dengan keputusan yang diambil harus mempunyai konsistensi (taat asas) internal yang berhubungan secara sistematis dengan keputusan-keputusan lain, baik dalam bidang-bidang itu sendiri maupun dalam bidang-bidang lain dalam pembangunan, dan tidak ada batas waktu untuk satu jenis kegiatan, serta tidak harus selalu satu kegiatan mendahului dan didahului oleh kegiatan lain. Adapun komponen-komponen yang ikut serta dalam proses ini adalah:
·         1.    Tujuan pembangunan nasional bangsa yang akan mengambil keputusan dalam rangka kebijaksanaan nasional dalam rangka kebijaksanaan nasional dalam bidang pendidikan.
2.    Masalah strategi adalah termasuk penanganan kebijakan (policy) secara operasional yang akan mewarnai proses pelaksanaan dari perencanaan pendidikan. Maka ketepatan pelaksanaan dari perencanaan pendidikan.

9.      Perencanaan bahasa adalah suatu usaha untuk memengaruhi fungsi, struktur, atau penyerapan satu bahasa atau jenisnya di dalam sebuah pembicaraan masyarakat.[1] Hal ini sering dikaitkan dengan perencanaan pemerintah, tapi juga digunakan oleh berbagai organisasi non-pemerintah, seperti organisasi perintis dan bahkan perorangan. Tujuan perencanaan bahasa bergantung pada bangsa atau organisasi, tapi umumnya meliputi membuat keputusan perencanaan dan perubahan yang mungkin demi keuntungan komunikasi. Merencanakan atau memperbarui komunikasi yang efektif juga bisa membawa kepada perubahan sosial lainnya seperti perpindahan bahasa atau asimilasi, dan memberikan motivasi lain untuk merencanakan struktur, fungsi dan penyerapan bahasa.[2]

10.  Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.[1] Selain itu, pentingnya diadakan perencanaan sumber daya manusia ialah organisasi akan memiliki gambaran yang jelas akan masa depan, serta mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan.[2]

11.  Perencanaan pernikahan merupakan suatu cara pemikiran untuk mempersiapakan mental kedua pasangan dan berbagai unsur didalam sebuah acara pernikahan. Oleh karena itu perencanaan ini sangat harus dipikirkan lebih matang bagi kedua pihak pasangan, hal tersebut agar dapat menunjang kehidupan lebih yang lebih baik dan dapat menyelesaikan masalah-masalah internal maupun eksternal didalam sebuah keluarga.Bagi calon seorang kepala keluarga juga harus mampu memimpin,melindungi serta menafkahi keluarganya. Perencanaan pernikahan ini sangat dapat menunjang sebuah calon kelurga kelak.

12.  Perencanaan Transportasi / Kendaraan adalah Perencanaan ini bertujuan untuk membantu untuk seseorang dalam memilih kendaraan atau transportasi ideal dan sesuai dengan kebutuhan serta budget yang sesuai. Perencanaan ini termasuk dalam perencanaan jangka panjang, dimasyarakat kalangan menengah atas perencanaan ini sangatlah berguna dari segi aspek yang dapat membantu segala plan yang akan dilaksanakan.

13.  Perencanaan Liburan / Holiday Planning.Perencanaan Liburan merupakan cara, langkah seseorang untuk menentukan masa atau waktu liburannya ke suatu tujuan ‘destination’ yang diinginkan oleh seseorang. Perencanaan ini termasuk kedalam perencanaan jangka pendek hal itu dikarenakan sifat perencanaan yang sementara.


14.  Perencanaan kelulusan atau wisuda berarti melangkah kedepan untuk memilih segala sesuatu yang berkaitan dengan masa depan seseorang seperti bidang pekerjaan & keluarga.
15.  Perencanaan anak adalah setelah perencanaan pernikahan, maksudnya perencanaan yang bertujuan untuk mempersiapkan segala aspek yang berhubungan dengan anak misalnya untuk menetapkan jumlah anak, masa depan anak, dan lain sebagainya

16.  Perencanaan Sosial adalah suatu fungsi yang terorganisir merupakan  sekumpulan kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada perorangan, keluarga, kelompok, dan kesatuan-kesatuan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial oleh kondisi-kondisi yang selalu mengalami perubahan.
17.  Perencanaan Lingkungan Hidup.Perencanaan dan pengelolaan lingkungan hidup meliputi aneka ragam bidang dan keahlian, tetapi harus menjadi bagian penting dari perencanaan dan pengelolaan nasional apabila berhasil.Lingkungan hidup dan masalah-masalah lingkungan hidup seharusnya tidak dianggap terpisah dari fungsi-fungsi pemerintahan, tetapi seharusnya dianggap sebagai masalah pokok. Ada lima komponen dari proses yang dinamis dan interaktif untuk pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan hidup, yaitu inventarisasi; evaluasi; perencanaan, pengelolaan dan pemantauan. Lima komponen tersebut akan dibahas dalam suatu kerangka prinsip-prinsip pokok dan pelaksanaan secara praktis. Membangun masyarakat yang berkelanjutan memerlukan perhatian pada tiga masalah pokok:
·         Kelangsungan ekonomi
·         Keadilan social
·         Lingkungan hidup yang berkelanjutan


18.       Perencanaan kinerja merupakan proses penjabaran lebih lanjut darisasaran dan program yang telah ditetapkan dalam rencana stratejik(renstra) yang mencakup periode tahunan. Rencana kinerjamenggambarkan kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan oleh instansipemerintah dan indikator kinerja beserta target-targetnya berdasarkanprogram, kebijakan, dan sasaran yang telah ditetapkan dalam rencanastratejik. Target kinerja tahunan di dalam rencana kinerja ditetapkan untukseluruh indikator kinerja yang ada pada tingkat sasaran dan kegiatan.Target kinerja tersebut merupakan komitmen bagi instansi untukmencapainya dalam satu periode tahunan.
19.  Perencanaan persalinan berarti suatu proses untuk mempersiapkan segala persalinan bagi calon anak. Tempat dimana calon anak dilahirkan juga melalui tahap proses ini, so perencanaan ini sangat membantu bagi kaum ibu untuk mempersiapakan segala kemungkinan yang ada.
20.  Perencanaan strategis sistem ini akan memberikan gambaran bagaimana cara pendekatan untuk melakukan perencanaan sistem informasi teknologi informasi secara strategis dalam perusahaan. Perencanaan strategis sangat penting dilihat dari berbagai aspek, antara lain:
·         Strategi Bisnis,
·         Perkembangan Teknis Global,
·         Kebutuhan Aplikasi dan Infrastruktur,
·         Sumber Daya Manusia, Keuangan  dan lain-lain.

21.  Perencanaan Drainase Perkotaan.Konsep dasar perencanaan sistem drainase yang akan dijadikan sebagai acuan adalah sebagai berikut :
§  Sedapat mungkin memanfaatkan drainase alam yang dimiliki oleh daerah rencana
§  Aliran limpasan harus dibatasi dengan berprinsip pada :
·         Limpasan air hujan selama masih belum berbahaya dihambat semaksimal mungkin agar ada kesempatan untuk infiltrasi, sehingga limpasan berkurang.
·         Kecepatan aliran dalam saluran tidak terlalu tinggi sehingga tidak merusak konstruksi saluran tetapi tidak boleh terlalu rendah untuk menghindari terjadinya penggerukan dinding saluran akibat terlalu tingginya kecepatan dan tidak terjadi pengendap sepanjang saluran akibat aliran yang terlalu rendah.
22.  Perencanaan Obat  adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyusun daftar kebutuhan obat yang berkaitan dengan suatu pedoman atas dasar konsep kegiatan yang sistematis dengan urutan yang logis dalam mencapai sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Proses perencanaan terdiri dari perkiraan kebutuhan, menetapkan sasaran dan menentukan strategi, tanggung jawab dan sumber yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Perencanaan dilakukan secara optimal sehingga perbekalan farmasi dapat digunakan secara efektif dan efisien.
23.  Perencanaan Tata letak fasilitas merupakan bagian dari perencanaan fasilitas.Perencanaan fasilitas dalam industri digunakan untuk mengatur fasilitas yang ada agar mencapai tujuan perusahaan.

24.  Perencanaan Asuransi / Tunjangan.Perencanaan ini dimaksudkan bertujuan untuk mempersiapkan segala bentuk tunjangan untuk dihari tua maupun disituasi yang sangat mendesak bagi seseorang.

25.  Perencanaan karir (career planning) adalah suatu proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkahlangkah untuk mencapai tujuan-tujuan karirnya. Perencanaan karir melibatkan pengidentifikasian tujuan-tujuan yang berkaitan denga

0 komentar:

Posting Komentar