Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Kamis, 10 Oktober 2013

Pengenalan Pada Manajemen Informatika



           Sistem Informasi Manajemen (SIM). Anda pasti pernah mendengarnya. Dalam bayangan mungkin berhubungan dengan perusahaan-perusahaan. besar. Pendapat ini memang tak salah, namun SIM juga  tak hanya sering digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan seperti universitas juga menggunakan SIM. Sebenarnya apakah SIM itu?
SIM adalah serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan . Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Dalam teori SIM, komputer bukan prasyarat mutlak bagi sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan computer. Bagaimanapun untuk melakukan koordinasi dalam SIM akan lebih terbantu jika melibatkan computer.
Berbagai perusahaan kini memerlukan SIM. Dengan pengelolaan SIM yang tepat, tentunya perusahaan berikut akan berkembang. Namun meskipun telah mengeluarkan biaya yang besar, pengembangan SIM pada suatu perusahaan tidak berhasil. Oleh karena itu diperlukan evaluasi apa sajakah yang dapat menyebabkan kegagalan pada pengembangan SIM tersebut.


Management Information System (MIS) yang biasa disebut system informasi manajemen adalah suatu system manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
  • Komponene Pembangun MIS
  • Hardware
Digunakan untuk melaksanakan kegiatan input > proses > output
  • Software
Program komputer yang dijalankan pada Hardware
-         System software
-         Application Software
  • Database
Software aplikasi khusus yang dibangun untuk mengorganisasikan data dan informasi pada proses operasi suatu organisasi.
  • Infrastructure
Peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang terpisah, seperti :
- peralatan telekomunikasi
- jaringan (network)
- internet
  • People ( manusia )
  • Prosedur
  • Aturan untuk mengembangkan dan menggunakan system informasi.
    • Model
    • Abstraksi dari kenyataan. Semua model didasarkan pada asumsi. Seperti : kondissi pasar dan legal restriction. Asumsi harus bersifat konsisten.
    • Tipe Sistem Informasi
  • Executive Support System ( ESS ) : Sistem Pendukung Ekseskutif
Masuk dalam level Strategis, adalah system informasi yang mengarah pada pengambilan keputusan yang tidak terstruktur melalui tampilan grafik dan komunikasi.
  • Management Information System ( MIS ) : Sistem Informasi Manajemen
Masuk dalam level Manajemen, adalah suatu system manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
  • Decision Support System (DSS) : Sistem Penunjang Keputusan
Adalah Sistem informasi pada level amanjemen yang mengabungkan anatar data dan model analisis mutakhir atau peralatan untuk menganalisis data yang mendukung proses pengambilan keputusan semi terstruktur maupun terstruktur.
  • Office Automation System (OAS) : Sistem Automatisasi Perkantoran
Sistem computer seperti word processing, system e-mail dan system penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas karyawan khususnya data worker di perusahaan tersebut.
  • Transaction Procesing System (TPS) : Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem komputerisasi yang menjalankan dan menyimpan data transaksi rutin harian yang diperlukan untuk kelangsungan organisasi.
  • Klasifikasi Sistem Informasi Berdasarkan Area Fungsional
  • Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan
Sistem yang menjaga arus dana dan aset financial dari perusahaan.
  • Sistem Informasi Manufaktur
Sistem yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan dan proses produksi dari produk dan layanan serta pengawasan arus produksi.
  • Sistem Penjualan dan Pemasaran
Sistem yang dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggan, mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan layanan, menjualnya dan menyediakan dukungan bagi pelanggan.
  • Sistem Sumber Daya Manusia
Sistem yang menjaga data karyawan, kehlian masing-masing karyawan, performa kerja dan mengadakan pelatihan serta membantu perencanaan kompensasi dan pengembangan karir karyawan.

0 komentar:

Posting Komentar