Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Minggu, 05 Mei 2013

Pasar Monopolistis




Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.


Ciri-ciri Pasar persaingan monopolistik:

1. banyak pembeli dan banyak penjual
2. produk yang terdiferensiasi
3. informasi produk cukup
4. free entry
5. mirip dengan pasar persaingan sempurna.
6. produsen/penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga.
7. relatif murah keluar masuk pasar.

contohnya:snack,nasi goreng,pulpen,buku,pensil,dll.
 
       2. Kompetisi MonopolistikMerupakan suatu struktur pasar di manabanyak perusahaan menjual produk –produk yang sama tapi tidak identik
  3. Ciri – ciri pasar monopolistikBanyak penjual Terdapat banyak perusahaan yang bersaingmendapatkan konsumen yang samaDiferensial produk Masing –masing perusahaan memproduksisuatubarang sedikit berbeda dibanding dari perusahaan lainBebas masuk Perusahaan dapat masuk/ keluar pasartanpa adanyabatasan.
  4. Perusahaan Kompetitif Monopolistik dalam Jangka PendekDikatakan Menguntungkan apabila: 1. Meningkatnya jumlah produk yang ditawarkan. 2. Berkurangnya permintaan yang dihadapi oleh perusahaan - perusahaan yang sudah di pasar.
  5. Kurva Keuntungan Jangka Pendek Harga MC ATC HargaBiaya TotalRata - Rata Keuntungan Permintaan MR 0 Jumlah yang Kuantitas Memaksimalkan Keuntungan
  6. Kerugian Jangka Pendek Pasar MonopolistikBerkurangnya jumlah produk yangditawarkan.Meningkatnya permintaan yangdihadapi oleh perusahaan-perusahaanyang ada.Meningkatnya keuntungan perusahaanyang pesaing
  7. Perusahaan Mengalami Kerugian Harga MC ATC Kerugian Biaya Total Rata - Rata Harga MR Permintaan 0 Jumlah yang Kuantitas Meminimalkan kerugian Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning
  8. Perusahaan Kompetitif Monopolistik dalam Jangka PanjangJika perusahaan mendapatkan keuntungan, perusahaan –perusahaan baru akan masuk dan kurva permintaanperusahaan yang lama akan bergeser ke kiri.Ketika pasar merugi, sebagian perusahaan – perusahaankeluar, dan kurva permintaan perusahaan – perusahaan yangbertahan akan bergeser ke kanan.Karena adanya pergeseran permintaan, perusahaan kompetitifmonopolistik akhirnya mencapai keseimbangan jangkapanjang. Pada keseimbangan jangka panjang ini, harga samadengan biaya total rata – rata dan perusahaan mendapatkankeuntungan nol.
  9. Perusahaan Kompetitif Monopolistik dalam Jangka Panjang Harga MC ATCP = ATC Permintaan MR 0 Jumlah yang Kuantitas Memaksimalkan keuntungan
  10. Kompetitif Monopolistik VS Kompetisi Sempurna Kapasitas Berlebih Kompetisi Monopolistik Pasar Persaingan SempurnaTerjadi kapasitas berlebih dalam jangka Tidak ada terjadi kelebihan kapasitaspanjang dalam jangka panjangHarga berada diatas biaya marginal Harga sama dengan biaya marginalAdannya markup harga dari biaya Tidak ada markup harga dari biayamarginal marginal (a) Monopolistically Competitive Firm (b) Perfectly Competitive Firm Price Price MC MC ATC ATC P P = MC P = MR (demand curve) MR Demand 0 Quantity Efficient Quantity 0 Quantity produced = Quantity produced scale Efficient scale
  11. Kompetisi Monopolistik dan Kesejahteraan Masyarakat Ada permasalahan kesejahteraan dalam kompetisi monopolistik :1. Adanya markup Konsumen menghargai barang biaya di atas marginalnya (tetapi di bawah harga pasar) sehingga pasar monopolistik memiliki kerugian bahan baku yang normal dari pabrik penetapan harga monopoli.
  12. Lanjutan………2. Jumlah perusahaan dalam pasar mungkin tidak ideal artinya mungkin terlalu banyak atau sebaliknya terlalu sedikit Masuknya perusahaan ke dalam pasar Eksternalitas Eksternalitas variasi produk mencuri bisnis Konsumen mendapatkan surplus Perusahaan lama kehilangan konsumen konsumen dari munculnya suatu produk dan keuntungan dari masuknya baru, masuknya suatu perusahaan ke perusahaan baru, maka hal ini pasar menimbulkan ekternalitas positif menimbulkan ekternalitas negarif pada bagi konsumeni perusahaan lama
  13. Iklan dan Merk Dagang Periklanan Merk Periklanan sebagai tanda Dagang kualitas Kritik Dukungan Iklan dapat Dapat Periklananmemanipulasi Memberikan Menumbuhkan Menghambat selera informasi kepada kompetisi Kompetsi masyarakat konsumen

0 komentar:

Posting Komentar