Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Kamis, 10 Januari 2013

DELEGASI DALAM PERUSAHAAN



JAKARTA - Sebagai bagian dari program Kedutaan  Besar Amerika  Serikat dalam meningkatkan perdagangan dan kesempatan berinvestasi antara Indonesia dan AS dibawah prakarsa kemitraan komprehensif AS-Indonesia, Wakil Menteri Perdagangan Francisco Sanchez memimpin misi delegasi  perusahaan-perusahaan AS  berkunjung ke Indonesia,  11-13 November 2012. Delapan perusahaan kelas dunia AS di sektor pembangunan infrastruktur  turut serta dalam misi ini bersama dengan institusi pemerintah AS untuk investasi luar negeri OPIC (Overseas Private Investment Corporation) serta Badan Pembangunan dan Perdagangan AS (USTDA). Para anggota delegasi bertemu dengan  beberapa pejabat tinggi di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian PPN/BAPPENAS, dan lembaga lainnya untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kebijakan di sektor  infrastruktur dan proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang utama.
 “Indonesia merupakan tujuan menarik bagi para investor Amerika dan merupakan mitra dagang yang penting bagi AS. Indonesia merupakan pasar dinamis yang menawarkan kesempatan yang besar  di sektor pembangunan dan teknologi infrastruktur,” ujar Sanchez. “Seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia,  kebutuhan infrastruktur yang bervariasi mulai dari penerbangan hingga teknik dan konstruksi juga meningkat. Perusahaan-perusahaan AS ini dapat membawa pengalamannya yang luas di seluruh lini untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam pembangunan proyek-proyek utama.”
Dalam kesempatan ini, OPIC dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) yang mencakup mencakup kerjasama OPIC dan PII untuk mempromosikan investasi  pihak swasta AS dalam bidang infrastruktur  di Indonesia. Kesepakatan ini juga mendukung upaya bersama untuk mengidentifikasi prospek proyek  gabungan, penawaran asuransi bersama, penjaminan untuk meningkatkan ketentuan pembiayaan proyek infrastruktur serta meningkatkan portofolio OPIC di Indonesia. “Kenaikan investasi di sektor infrastruktur yang didukung oleh OPIC  akan membantu Indonesia untuk mempercepat  pertumbuhan ekonominya,” tutur Wakil Menteri Sanchez. 
Perusahaan yang berpartisipasi dalam misi ini adalah:
1.    Black and Veatch – Overland Park, Kan.
2.    Cisco Systems – San Jose, Calif.
3.    General Electric Company – Fairfield, Conn.
4.    Honeywell International, Inc. – Morristown, N.J.
5.    Oshkosh Corporation – Oshkosh, Wisc.
6.    The Shaw Group – Baton Rouge, La.
7.    Westinghouse Electric Company – Cranberry Township, Pa.
8.    WorleyParsons LLC – Bellaire, Texas

Misi perdagangan ini merupakan salah satu contoh komitmen Amerika Serikat untuk memperluas  hubungan bisnis dengan Indonesia guna mendukung penciptaan lapangan kerja serta pertumbuhan ekonomi di kedua Negara.

0 komentar:

Posting Komentar