Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Selasa, 08 Januari 2013

Manajemen Jaringan Komputer


Local Area Network (atau LAN) yang baik, dibangun dari perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai meliputi server, hub, kabel data, ethernet, komputer dan perangkat lainnya serta sistem operasi server dan dekstop berikut program  aplikasi server dan program aplikasi dekstopnya. Desain network yang menghindarkan terjadinya kejenuhan trafic data dengan cara pemakaian perangkat switching, router serta pelaksanaan kaidah TCP/IP berikut pengaturan akses pengguna jaringan komputer (atau user policy) akan semakin meningkatkan performance network dan efektivitas penggunaan bandwith.
2.1. Jaringan Komputer
Sebuah jaringan komputer pada intinya terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta pengguna dan semuanya memiliki interaksi dengan tim administrator jaringan. Bila diurai, maka perangkat keras meliputi komputer dekstop, kabel, perangkat jaringan komputer dan server serta sarana komunikasi data sewaan atau milik sendiri.

2.2. Jaringan Komputer Tersambung Internet (Internetwork).
Perangkat lunak di dalam jaringan komputer yang tersambung ke Internet melalui saluran komunikasi data sewaan atau milik sendiri, terdiri dari sistem operasi komputer dekstop dan server. Perangkat lunak pada komputer dekstop selain sistem operasi, ada juga perangkat lunak aplikasi browser, ftp client, word processor, spreadsheet, pdf reader dan writer, software aplikasi grafis,perangkat lunak antivirusdan lain lain. Di dalam server terdapat perangkat lunak seperti ftp server, mail server, dns server, web server, firewall, router, network address translation (NAT) dan lain lain yang dapat dinstalasi sesuai dengan kebutuhan organisasi.

2.3. Pengguna Jaringan Komputer
Sedangkan dari sisi kelompok pengguna atau userpun ada bervariasi, misalnya ada rektor, dekan, dosen, sekretaris, teknisi di perguruan tinggi. Di lingkungan perusahaan ada direktur, wakil, bendahara, sekretaris, kepala cabang dan lain lain sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing masing. Pengguna masyarakat luas dapat diklasifikasi dari segi usia, latar belang pendidikan ataupun profesi dan pekerjaan atau dapat juga diklasifikasi dengan kategori lainnya.
Kalau kita lihat sepintas dari uraian tadi maka terlihat bahwa jaringan komputer adalah bagian dari lembaga, perusahaan, organisasi, perguruan tinggi atau institusi yang menggunakan jaringan computer, untuk menunjang kemudahan operasional organisasinya, seperti dari sisi aspek koordinasi antar person,distribusi data transaksi, file sharing, pelaporan, peningkatan wawasan personal terhadap peraturan institusi, dorongan terhadap peningkatan skill personal melalui e-learning dan lain lain tujuan pemakaian dari jaringan komputer.
Adanya jaringan komputer maka aspek aspek diatas bisa diintegrasikan dengan dukungan server server yang memadai, dan dikelola dengan baik sehingga proses proses organisasi atau lembaga atau sekolah yang menggunakan bantuan jaringan komputer bisa berjalan dengan lebih baik.
Akan tetapi pada kenyataannya proses interaksi personal organisasi dengan komputer dekstop di kantornya, ataupun integrasi sistem organisasi lembaga dengan jaringan komputer masih lemah. Selain masih kurang wawasan tentang teknologi computer, atau teknologi jaringan komputer pada semua jajaran organisasi, kerjasama antara administrator jaringan dengan anggota organisasi lainnya berjalan tidak mulus. Pada akhirnya kekurangan wawasan tentang teknologi jaringan komputer maupun interaksi dengan teknologi ini, telah menjadikan ketidak percayaan terhadap teknologi ini tentang operasional proses proses organisasi yang dihandling atau ditangani oleh jaringan komputer secara otomatis ataupun menjadi penggunaan jaringan computer tidak efisien dan efektif untuk memajukan organisasi dan personal.
Walaupun jaringan komputer hanya dijadikan sebagai akses Internet bersama, problem interaksi jaringan komputer dengan penggunanya masih tetap terjadi dan memerlukan pengelolaan jaringan computer yang baik. Sehingga penulis dalam uraian ini mencoba memperkenalkan sedikit tentang manajemen jaringan komputer dengan latar belakang jaringan komputer sederhana (yang terdiri dari satu buah server dan dua buah komputer dekstop).

III. Pendekatan Organisasi dan Teknologi
Teknologi yang diterapkan pada jaringan computer di sebuah organisasi dipilih dan dibangun sesuai dengan rencana pemenuhan kebutuhan teknologi informasi dan aplikasinya bagi organisasi itu sendiri. Alat itu dibuat untuk mencapai performance organisasi atau lembaga yang baik. Oleh karena itu sebelum mulai membahas tentang pengelolaan sebuah jaringan computer, penulis ingin bertanya apakah tujuan organisasi anda membuat jaringan computer? model jaringan computer yang dipilih apa ? aspek yang diharapkan dari servis server apa saja ? bagaimana dengan persepsi pengguna terhadap jaringan komputernya ? sudahkah disiapkan pendukung layanan teknis di organisasi anda untuk mendukung pengguna tetap merasa puas dengan servis servis dari jaringan computer ? dan lain lain pertanyaan yang bisa saja anda buat sendiri terkait

0 komentar:

Posting Komentar