Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra


Jumat, 11 Januari 2013

Fungsi Pengarahan dalam Manajemen


     Pengarahan manajemen dapat dikatakan suatu proses di mana manajer menginstruksikan, membimbing dan mengawasi kinerja para pekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pengarahan dapat dikatakan juga sebagai jantung dari proses manajemen. Perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian (staf) tidak menjadi penting jika fungsi pengarahan tidak terjadi.
Pengarahan manajemen sebenarnya melakukan tindakan dari mulai bekerja. Pengarahan manajemen terdiri dari faktor manusia. Dengan kata lain, dapat digambarkan sebagai pemberian bimbingan kepada pekerja yang melakukan pekerjaan. Dalam bidang manajemen, pengarahan manajemen disebut juga semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong bawahannya untuk bekerja secara efektif dan efisien. Menurut Human, “Pengarahan terdiri dari proses atau teknik dimana instruksi dapat diterbitkan dan operasi dapat dilakukan sebagai awal yang direncanakan” Oleh karena itu, Pengarahan adalah fungsi membimbing, menginspirasi, mengawasi dan mengarahkan orang terhadap pencapaian tujuan organisasi.
Pengarahan manajemen memiliki karakteristik sebagai berikut:
Fungsi Pervasif yaitu bahwa pengarahan diperlukan pada semua tingkat organisasi. Setiap manajer memberikan bimbingan dan inspirasi kepada bawahannya.
Kegiatan terus menerus yaitu bahwa pengarahan merupakan aktivitas yang berkelanjutan karena terus menerus sepanjang hidup organisasi.
Faktor Manusia. Fungsi Mengarahkan berhubungan dengan bawahan dan oleh karena itu berkaitan dengan faktor manusia. Karena faktor manusia adalah kompleks dan perilakunya tidak dapat diprediksi, sehingga fungsi pengarahan menjadi penting.
Kegiatan Kreatif. Fungsi pengarahan membantu dalam mengkonversi rencana kepada kinerja. Tanpa fungsi ini, orang menjadi tidak aktif dan menimbulkan sumber daya fisik.
Fungsi eksekutif. Fungsi pengarahan dilakukan oleh semua manajer dan eksekutif di semua tingkatan di seluruh unit kerja dari suatu perusahaan, sehingga seorang bawahan hanya menerima instruksi dari atasannya saja.
Fungsi Delegasi. Pengarahan manajemen seharusnya berfungsi dengan urusan manusia. Perilaku manusia tidak dapat diprediksi oleh alam dan pengkondisian perilaku masyarakat terhadap tujuan perusahaan adalah tidak berfungsinya para eksekutif. Oleh karena itu, fungsi delegasi memiliki kewenangan di dalamnya untuk mengatasi perilaku manusia.

0 komentar:

Posting Komentar