Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Kamis, 10 Januari 2013

KOORDINASI DESA TANGGUH JAWA TIMUR



      Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu pelopor inovasi dalam rangka melakukan perkembangan di Indonesia. Berbagai macam program yang diciptakan oleh Pemerintah Jawa Timur menjadi contoh bagi provinsi lain. Hal ini mendorong BPBD Jawa Timur dalam rangka menciptakan inovasi program yang menjadi icon lembaga.

Program Desa Tangguh yang digalang dalam rangka menyiapkan warga masyarakat untuk siap menghadapi bencana diciptakan menjadi icon yang meliputi seluruh elemen warga. Masing-masing kabupaten mengirimkan beberapa wilayah yang menjadi daerah rawan bencana untuk dijadikan pioner dalam menghadapi bencana.

Dalam mewujudkan kegiatan terebut, BPBD Jawa Timur dalam hal ini Bidang Kedaruratan dan Logistik melakukan sosialisasi kepada wilayah yang menjadi sasaran program. Adapun beberapa wilayah yang menjadi sasaran program antara lain Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Pacitan, dan beberapa kabupaten yang sering terjadi banjir di wilayah Jawa Timur.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Utami ini menghadirkan beberapa narasumber yang dapat memberikan wawasan kepada peserta yang dalam hal ini merupakan pejabat di tingkat desa. Seperti yang di paparkan oleh Hendro yang juga salah satu anggota unsur pengarah tentang pemahaman pengelolaan bencana.

Peserta yang hadir adalah camat dan pejabat BPBD Kab/kota yang diharapkan dapat menjadi koordinator warga masyarakat ketika mengalami suatu bencana. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5 Juni 2012 ini menjadi penting dalam rangka melakukan pemahaman kepada pejabat setingkat desa tentang bagaimana mengelola risiko bencana di wilayah masing-masing

0 komentar:

Posting Komentar