Setelah Berkunjung Silahkan Berkomentar

Riko Anwar Saputra

Rabu, 09 Januari 2013

PERENCANAAN KEUANGAN



Proses perencanaan keuangan ini dilakukan bukan oleh seorang perencana keuangan, namun oleh individu yang mempunyai tujuan-tujuan keuangan di masa depan. Perencana keuangan hanya memberikan arahan (guidance) dan rekomendasi atau nasihat (advice) kepada individu tersebut pada saat melakukan perencanaan keuangan.
Sebelum masuk ke dalam proses perencanaan keuangan, kita perlu mempertegas kembali apakah perencanaan keuangan itu? Definisi perencanaan keuangan menurut Certified Financial Planner, Board of Standards adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana. Tujuan hidup dapat termasuk membeli rumah, menabung untuk pendidikan anak atau merencanakan pensiun.
Sebagian orang menggunakan bermacam instrumen keuangan sebelum mereka dapat mencapai semua tujuan mereka. Jadi, beberapa alat keuangan umum yang mendasar, seperti saham, obligasi, reksadana, asuransi jiwa, unitlinked, anuitas, produk pasar uang, real estate adalah elemen penting dari perencanaan keuangan. 

0 komentar:

Posting Komentar